Gaya Hidup

Cara Agar Baterai HP Awet dan Tidak Boros

Sabtu, 04 Desember 2021 - 01:22
Cara Agar Baterai HP Awet dan Tidak Boros Ilustrasi - cara agar baterai HP awet dan tidak boros. (FOTO:  pinterest)

TIMES LAMPUNG, JAKARTA – Keluhan mengenai baterai handphone (HP) yang boros dan tidak awet, kerap dialami penggunanya. Penggunaan hp secara terus menerus tentu mempengaruhi kesehatan baterai hp. Untuk itu, cara agar baterai HP awet dan tidak boros penting untuk diketahui.

Perlu diketahui, saat ini lebih banyak HP dengan baterai yang telah terpasang di dalamnya. Hal ini mendorong penggunanya untuk menggunakan ponsel dengan baterai berkapasitas besar.

Bahkan pengguna mencari smartphone dengan kelengkapan teknologi pengisian daya cepat atau kerap disebut fast charging.

Namun, apapun baterai ponsel yang anda gunakan, tetap harus berhadapan dengan waktu penggunaan. Penggunaan smartphone dalam jangka waktu yang lama akan mengikis kemampuan serta kapasitas baterai. Kondisi ini wajar seiring. Bertambahnya usia pemakaian akan mempengaruhi kinerja baterai HP.

Hal yang kerap ditemui, daya baterai ponsel Anda cepat habis saat digunakan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemampuan baterai menurun di antaranya suhu, pengisi daya yang digunakan, dan sebagainya.

Untuk itu perlu diperhatikan agar daya tahan dan keawetan baterai ponsel yang digunakan selalu terjaga dengan baik.

Memahami Baterai HP Awet dan Tidak Boros

HP yang kini banyak beredar umumnya menggunakan baterai lithium-ion dalam menyimpan energi. Pada jenis baterai ini, logam serta ion lithium akan bergerak masuk dan keluar dari masing-masing elektroda.

Kondisi ini yang menyebabkan secara fisik mengembang dan juga berkontraksi. Namun, proses ini tidak sepenuhnya dapat dibalik, dan baterai kehilangan kapasitas. Bahkan, voltase pengisian seiring dengan bertambahnya siklus pengisian serta pengosongan. Terutama cairan penghantar listrik  yang menghubungkan elektroda juga akan menurun selama siklus tersebut.

Maka, kemampuan baterai lithium-ion untuk menyimpan muatan sesuai dengan tingkat degradasi. Hal ini berarti ada hubungan antara perlakuan menangani perangkat yang domiliki dengan kapasitas pengisian daya pada masa mendatang.

Dengan beberapa langkah sederhana, pengguna HP dapat meminimalisasi degradasi tersebut serta memperpanjang masa pakai perangkat. Beberapa cara membuat baterai HP awet dan tidak boros dijelaskan berikut ini.

Menghindari penggunaan serta pengisian daya HP secara berlebihan

Baterai akan terkuras isinya terpengaruh oleh beberapa hal yakni waktu penggunaan, jenis aplikasi yang digunakan, kecerahan layar dan sebagainya.

Supaya baterai awet dan tahan lama, sebaiknya anda menghindari penggunaan HP serta pengisian daya yang berlebihan. Guna memastikan anda tidak menggunakan ponsel secara berlebihan, perlu dilakukan istirahat penggunaan HP beberapa saat.

Anda juga harus memastikan untuk selalu mencabut HP setelah pengisian daya selesai. Lalu, segera melakukan pengisian daya saat baterai HP berada level 20%. Hal ini dapat menjadi cara membuat baterai HP lebih awet dan tidak boros.

Menghindari penggunaan HP sambil mengisi daya baterai
Temperatur akan berpengaruh terhadap daya hidup baterai. Temperatur yang tinggi akan meningkatkan tekanan pada baterai serta membuatnya kehilangan efektifitas secara lebih cepat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk selalu menjaga temperatur ponsel pada 25 – 30 derajat celcius.

Selain itu, menggunakan ponsel saat posisi pengisian daya berlangsung dapat memiliki efek buruk pada masa pakai baterai.

Ketika anda menggunakan ponsel saat proses pengisian daya, maka HP cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya. Hal ini juga akan mengurangi daya yang dialihkan pada baterai.

Menggunakan charger asli

Cara agar baterai HP awet berikutnya adalah selalu menggunakan pengisi daya ori atau asli. Jenis pengisi daya yang anda gunakan juga berpengaruh pada masa pakai baterai ponsel anda.

Pengisi daya terbaik untuk anda gunakan adalah charger yang disertakan ketika anda pertama kali membeli ponsel.

Namun jika pengisi daya tersebut telah bermasalah, sangat disarankan untuk membeli charger asli sesuai dengan ponsel yang anda gunakan. Hal ini untuk menjaga keawetan baterai ponsel yang anda gunakan.

Adanya mitos yang menyebutkan bahwa baterai yang sangat kuat adalah jika anda sesekali mengosongkan serta mengisi ulang baterai untuk menghapus memori baterai. Hal ini adalah suatu hal yang salah kaprah apabila anda terapkan pada baterai jenis lithium-ion.

Ketika anda melakukan pengisian daya saat kondisi baterai lithium-ion masih sepertiga, dapat memberikan manfaat positif bagi umur sel baterai. Hal ini dapat menjadi cara agar baterai HP awet dan tidak boros. 

Mengaktifkan mode daya rendah

Mengaktifkan mode penggunaan daya rendah, dapat membantu menghemat penggunaan daya dengan mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan meminimalkan animasi sistem.

Mode ini juga membuat fitur yang bekerja di latar dinonaktifkan. Sehingga, aplikasi termasuk Mail tidak akan mengunduh konten di latar belakang, serta fitur lainnya akan dinonaktifkan, seperti dilansir dari laman Apple.

Kendati demikian, Anda masih dapat menggunakan fungsi utama seperti melakukan dan menerima panggilan telepon, email, dan pesan, mengakses Internet, dan hal lainnya. Saat ponsel Anda mengisi daya lagi, Mode Daya Rendah akan mati secara otomatis.

Itulah beberapa cara agar baterai HP awet dan tidak boros yang dapat anda terapkan pada perangkat yang Anda miliki. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lampung just now

Welcome to TIMES Lampung

TIMES Lampung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.