Berita

Satu Pengunjung Obyek Wisata di Indramayu Positif Covid-19

Minggu, 16 Mei 2021 - 09:47
Satu Pengunjung Obyek Wisata di Indramayu Positif Covid-19 Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIMES LAMPUNG, JAKARTA – Momen libur lebaran dimanfaatkan masyarakat Indramayu untuk berwisata. Namun sayangnya, seorang pengunjung di salah satu objek wisata di Kabupaten Indramayu, terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (15/5/2021) kemarin. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, dalam mencegah penyebaran Covid-19 di masa libur lebaran, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu melakukan upaya preventif bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, dengan mengambil test swab antigen kepada pengunjung obyek wisata.

Dan hasilnya, dari 125 orang pengunjung yang ditest swab antigen, 124 orang negatif dan 1 orang dinyatakan positif. Wisatawan tersebut berasal dari Kabupaten Kuningan.

"Hasilnya satu orang warga Kabupaten Kuningan positif Covid-19," jelasnya, Minggu (16/5/2021).

Dengan adanya temuan ini, lanjut Deden, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan serta memberikan rujukan kepada Puskesmas asal warga postif tersebut, agar dapat terpantau secara baik. Apalagi, yang bersangkutan berkenan untuk menjalani proses isolasi mandiri di rumah kediamannya di Kabupaten Kuningan. 

"Dia mau isolasi di rumahnya di Kuningan dan kita kasih rujukan ke puskesmas setempat untuk dipantau," jelas Deden yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.

Deden mengakui, penyebaran Covid-19 di tempat terbuka seperti obyek wisata sangat rentan terjadi, dan sulit untuk dilakukan pelacakan atau tracking bagi potensi penularan kepada pengunjung lainnya. 

Karena itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Indramayu, untuk tidak berekreasi terlebih dahulu di tempat obyek wisata secara bebas dan tidak memperhatikan protokol kesehatan, mengingat Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Pihaknya pun akan terus melakukan pengecekan secara acak di beberapa objek wisata lainnya di Kabupaten Indramayu yang saat ini masih beroperasi.

"Dengan langkah acak pengetesan swab antigen secara gratis di tempat objek wisata, diharapkan bisa menemukan faktor penyebaran dan dugaan kluster baru di Kabupaten Indramayu untuk segera dilakukan tindakan cepat, agar mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu," ujarnya. (*)

Pewarta : Selamet Hidayat (MG-417)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lampung just now

Welcome to TIMES Lampung

TIMES Lampung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.