Berita

Soal Vaksin Nusantara, Mantan Menkes RI Siti Fadhilah: Saya Mendukung

Kamis, 15 April 2021 - 14:07
Soal Vaksin Nusantara, Mantan Menkes RI Siti Fadhilah: Saya Mendukung Mantan Menkes RI era Presiden SBY, Siti Fadhilah Supari. (FOTO: Independensi)

TIMES LAMPUNG, JAKARTA – Riset Vaksin Nusantara jadi polemik. Hal itu karena belum memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun, beberapa anggota DPR RI dan beberapa tokoh lainnya tetap memberikan dukung penuh. Salah satunya adalah mantan Menkes RI, Siti Fadhilah Supari.

Seperti yang diketahui, BPOM hingga belum mengeluarkan izin bagi riset tersebut untuk lanjut ke uji klinis fase II. Penyebabnya, ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam uji klinis. Dari kaidah penelitian, metode produksi, kualitas bahan, serta bukti manfaat dan keamanannya.

Kamis (15/4/2021) ini, Siti Fadilah dan beberapa tokoh lainnya, mengikuti pengambilan sampel darah untuk uji vaksin Nusantara tersebut, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Saya orang tua yang mempunyai komorbid, saya tahu tidak bisa dengan vaksin yang ada. Ini ada suatu harapan atau kemungkinan bahwa ini lebih personal dan memang harus personal," katanya kepada wartawan.

Menteri di masa SBY itu menjelaskan, ia mendukung penelitian yang dilakukan oleh Terawan Agus Putranto tersebut, sebagai karya anak bangsa. "Saya menghargai pendapat scientis ya, pendapat ilmuan. Makanya saya mendukung penelitian ini. Saya ikut penelitiannya," jelasnya.

"Ini penelitian. Bukan vaksinasi, tapi penelitian. Saya menghargai pendapat Terawan yang saya sudah kenal. Dia seorang researcher. Nah saya mendukung dengan cara mengikuti penelitian ini. Karena ini baru penelitian," ujar mantan Menkes RI, Siti Fadhilah Supari soal vaksin Nusantara. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Lampung just now

Welcome to TIMES Lampung

TIMES Lampung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.